top of page

10 Biduan Dangdut Koplo Paling Fenomenal

Komposer Ng Chor Guan membuat pementasan terinspirasi dari The Planet Op.32 karya Gustav Holst. Selain itu ada pula Step Forward, Sundancer, Superglad, Teenage Death Star, The Artificial Life x Djenks, The Brandals, The Panturas, The SIGIT, The Trees and the Wild, Tipe X, Tony Q Rastafara, dan Tuan Tigabelas. Space Age: The Phantom Power' mengajak penonton dalam metafora luar angkasa. Faank mengajak para penonton. Jakarta - Otniel Tasman makin membuktikan eksistensinya lewat pertunjukan tari 'Cablaka' yang baru saja dipentaskan di ajang Salihara International Performing-arts Festival (SIPFest) 2018.


Di karya ini, koreografer muda ini mengkawinkan antara tari Lengger dan dangdut koplo. Otniel berhasil membius penonton dengan pertunjukan terbarunya tersebut. Sejak didirikan pada 2012, Toccata Studio menampilkan pertunjukan Mobile Phone Orchestra (2011), Intertwined (2013), RE-RevoEvo (re: RevolutionEvolution) (2013) dan Project 2020 (2015). Pentas 'Space Age: The Phantom Power' pernah ditampilkan di Asia Theater for Young Audience Festival, Jepang. Sayangnya pada saat itu, rekan satu grupnya mulai sibuk meniti karier sehingga grup itu tidak lagi berjalan. Uang sepuluh juta, emas satu suku (6.7 gram), juada berbentuk mie goreng seratus kardus -yang harus dibagikan kepada seluruh kerabat Murdia dan nantinya diganti dengan barang-barang oleh mereka-dan pastinya beras satu pikul (100 kilogram).


  • Pandangan Pertama - A.Rafiq

  • Pokemon Masa Kini - Sheila Mutiara - Download

  • Anak Yang Malang - Jihan Audy - Download

  • Kembalilah (Ria Wijaya ft Agung) - OM. Mutiara

  • Wiwik Sagita - Mirae - Download

  • Pulang Ke Madura - (Sangaji ft Anisa R) - OM. Mutiara

  • Aku Tak Pantas Untukmu - Via Vallen.mp3 - Download


Menggangsir uang negara dengan lembaga "jejadian". Dia tak tahu lagi harus mengumpulkan uang dari mana untuk pesta pernikahan. Semakin tak tahu harus menyambung hidup dengan apa. Lantas apa yang membuat dangdut koplo berbeda dengan format dangdut lainnya? Dia pun sesungguhnya gentar dan cemas, tapi apa dia punya pilihan? Sebagai musisi dangdut, ia istimewa karena punya akar musikalitas yang berbeda ketimbang penyanyi dangdut lain. Selain itu, dalam Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia (2012), Andrew Weintraub menyatakan, musik pop dan rok Indonesia tidak punya akar historis atau ciri musik "yang mengaitkannya dengan derita rakyat." Dangdut tidak demikian. Seperti artikel saya sebelumnya mengenai Download Lagu Karaoke Indonesia, artikel karaoke dangdut juga lengkap dengan video dan lirik yang bisa langsung anda download secara gratis. Tatannan lampu yang gemerlap pun juga mulai mewarnai arena Tabligh Akbar yang bertajuk Syiar dalam Syair. Namun kontroversi dan pertentangan itu tak membunuh Inul dan dangdut koplo yang ia populerkan, pertentangan itu justru mampu membawa dangdut koplo mendapatkan tempat yang semestinya dalam jalur industri musik di Indonesia.


Hingga saat ini, belum ada penelitian yang serius tentang industri hiburan Dangdut Koplo, tetapi boleh diperkirakan hiburan Dangdut Koplo yang media promosi dan pemasarannya mengandalkan Youtube sebagai etalase, mampu menghidupi jutaan mulut. Begitu melihat orangtua Murdia sudah pergi dan kondisi dusun yang melengang, dia bertandang ke teras rumah panggung gadis pujaannya itu. Dia hampir saja mati ditikam ayah Murdia saat menemukan Samin yang telanjang dan menindih anak gadisnya, tetapi lelaki itu masih sayang dengan harga diri: Nikahi atau kau pilih membusuk di penjara! Samin meremas-remas jemari perempuannya. Dan dia pun terkejut ketika Murdia mengatakan padanya seminggu silam bahwa perempuannya itu telah telat datang bulan. Sampai detik ini pun Samin masih tak percaya bahwa dia sudah terjebak dalam hutan rimba bersama Satam, menyusuri lembah dan ngarai yang masih sedikit lembap dan gelap demi lima puluh juta yang berwujud hewan berkaki empat dengan cakar, taring, belang memesona, dan auman yang tentu saja mendirikan bulu roma.


Penamaan koplo dengan merujuk harga pil koplo yang relatif murah sehingga mudah diakses, juga menjadi perumpamaan bahwa dangdut koplo adalah musik rakyat, lahir dari akar rumput. Si wanita, meski sebenarnya juga merasakan rasa cinta yang sama, tidak berani untuk macam-macam dengannya karena takut dimarahi oleh istri si pria. Dalam klip yang diunggah di YouTube, Via nampak tak kesulitan menyanyikannya. Diunggah sejak sepekan lalu, klip 'Ddu-Du Ddu-Du' Via Vallen kini telah ditonton hingga 3,9 juta mata. Sementara "Jaran Goyang"-nya Nella Kharisma ditonton sebanyak 61 juta kali setelah diunggah lima bulan lalu. Lagu dangdut koplo Jawa yang berjudul Bojo Galak dinyanyikan oleh penyanyi dangdut Nella Kharisma. Jika dipikir-pikir, semua itu memang tergolong murah dibandingkan dengan pintaan-pintaan yang lazimnya berlaku di dusun mereka, Tanah Abang. Kalau dulu dangdut pernah dapat cap musik kelas bawah, sekarang hampir semua lapisan pun menikmatinya. Tak ada yang dapat dia perbuat. Kajian-kajian akademis dengan perspektif kajian budaya dan lintas disipliner harusnya dapat lebih dimanfaatkan. Ia pun juga terlihat cantik dengan dress ala Maroko perpaduan warna hitam dan putih. Raja Dangdut, Rhoma Irama dengan segala ciri khas yang dimilikinya, juga membuat musik yang identik dengan gendang dan sulingnya ini makin terkenal saja. Gotong royong juga bisa terlihat dalam cuplikan salah satu acara TV yang diabadikan di Youtube.


Refrensi :



Recent Posts

See All

Lagu Karaoke Dangdut - Mansyur S - Kursi Pelaminan

Mereka pun ingin memperkenalkan persoalan keseharian masyarakat akar rumput pendengar dangdut ke lebih banyak orang. Penamaan koplo, dengan merujuk harga pil koplo yang relatif murah sehingga mudah di

10 lagu dangdut koplo terbaru dan paling hits

Orang perusahaan itu lebih memilih rugi beberapa tetes solar karena mobil yang berputar tinimbang membayar harga yang dia pinta untuk kebunnya. Beberapa kali mereka menemukan jejak babi hutan, tapi it

bottom of page